Terima kasih anda telah mengunjungi blog Yayasan Maraqitta'limat***Info Yayasan Maraqitta'limat bisa dilihat di yamtia.wordpress.com***Pemondokan jamaah haji tahun ini paling jauh 4 km dari masjidil harom***Pelajar di Makkah Mukarromah siap membantu jamaah hajji selama berada di Makkah Mukarromah***Para Relawan siap kembali dikirim ke Gaza

Kamis, 25 Februari 2010

Kelapa Komoditi Unggulan Lombok Utara

Lahan pertanian di kabupaten Lombok Utara yang memiliki moto ”tiok-tata-tunak” ini, membentang luas mulai dari ujung barat Kecamatan Pemenang hingga ujung paling timur Kecamatan Bayan.

Di sepanjang jalan terdapat ribuan bahkan jutaan pohon kelapa yang berdiri tegak dengan daunnya yang melambai-lambai, seolah-olah menantang para investor dan pembeli untuk menanamkan modalnya. Tidak heran bila Lombok Utara yang baru mekar ini memiliki komoditi unggulan selain kopi, coklat, mente, vanili, dan pisang juga termasuk kelapa.

Harga perbutir kelapa yang paling besar berkisar Rp. 1000 sampai 1250 perbutirnya. Sementara jika pembeli langsung mengambil dari pohonnya, harganya pun berkisar tiga butir per seribu rupiah.

Kendati banyak kelapa, namun jarang sekali warga tani mengolahnya menjadi minyak atau bahasa lomboknya (jeleng). Padahal jika diolah menjadi minyak, harganya pun bisa mencapai Rp. 10000-15000 perkilogram. Sedangkan per 7 butir kelapa bisa mendapat minyak satu kg.

Hal ini disebabkan, di samping kurangnya pembinaan dari instansi terkait, juga kurangnya permodalan yang dimiliki oleh warga. Padahal pemasaran minyak kelapa ini cukup bagus di wilayah Kabupaten Lombok Utara.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar