Terima kasih anda telah mengunjungi blog Yayasan Maraqitta'limat***Info Yayasan Maraqitta'limat bisa dilihat di yamtia.wordpress.com***Pemondokan jamaah haji tahun ini paling jauh 4 km dari masjidil harom***Pelajar di Makkah Mukarromah siap membantu jamaah hajji selama berada di Makkah Mukarromah***Para Relawan siap kembali dikirim ke Gaza

Sabtu, 17 Juli 2010

Sahlan Rafiqi : Masjid Tidak Perlu Dibongkar

Yamtia, Makkah Mukarromah,-
MENYUSUL adanya perubahan arah kiblat sebagaimana fatwa MUI pusat, masjid-masjid yang sudah dibangun dan tidak sesuai arah kiblat, tidak perlu dibongkar. Cukup dengan memperbaiki shafnya.
Hal tersebut diungkapkan pelajar di Makkah Mukarromah asal NTB, H. Sahlan Rafiqi ketika diminta tanggapannya oleh MTZone Jumat (16/7) kemarin soal perubahan arah kiblat. Masyarakat pada prinsipnya tidak perlu resah. Diakuinya, sebagai provinsi yang dikenal dengan daerah seribu masjid, persoalan arah kiblat memang menjadi perhatian serius masyarakat. Menurut Sahlan Rafiqi yang juga cucu pendiri Yayasan Maraqitta’limat ini , untuk NTB arah kiblat tidak berbeda jauh, juga ke arah barat laut.
Sebagai daerah seribu masjid Sahlan Rafiqi menilai tidak semua masjid yang bangunan harus diubah menyusul keluarnya fatwa MUI ini. Diyakini, masjid-masjid yang ada sudah sebagian besar dibangun mengikuti pola penentuan modern. “Rata-rata sekarang membangun masjid menggunakan kompas,” imbuhnya.
Diketahui, kiblat bagi umat Islam yang salat di Masjidil Haram Mekkah ialah mengadap ke bangunan Ka’bah. Sementara kiblat bagi orang bersalat yang tidak dapat melihat Ka’bah yakni ke arah Ka’bah (jihat al-Kaabah). Beberapa laporan menyebutkan, perkiraan para ahli Falaq menyatakan kiblat saat ini banyak menghadap ke Afrika, ke arah Somalia, Kenya dan Tanzania.
“Masyarakat tidak perlu khawatir khususnya yang ada di Pulau Lombok. Tidak perlu membongkar masjid.cukup arah sajadahnya yang dirubah. Karena kalau membongkar masjid itu biayanya banyak.”ungkapnya.

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr wb.
    kami informasikan kepada seluruh warga maraqitta'limat bahwa di SMK Kes Hamzar MT Desa Tanaq Gadang Kec.Pringgabaya insya alloh akan mengudara radio al-hamzar, FM.100.MHz

    BalasHapus