Terima kasih anda telah mengunjungi blog Yayasan Maraqitta'limat***Info Yayasan Maraqitta'limat bisa dilihat di yamtia.wordpress.com***Pemondokan jamaah haji tahun ini paling jauh 4 km dari masjidil harom***Pelajar di Makkah Mukarromah siap membantu jamaah hajji selama berada di Makkah Mukarromah***Para Relawan siap kembali dikirim ke Gaza

Kamis, 07 Januari 2010

Persoalan Ekonomi Butuh Keterlibatan Masyarakat

Kabupaten Lombok Utara adalah Kabupaten baru dan berdiri pada tanggal 21 Juli 2008, setelah di mekarkan dari Kabupaten induk yaitu Kabupaten Lombok Barat. Sebagai daerah otonom baru tentu tidak terlepas dari berbagai persoalan, terutama persoalan ekonomi masyarakatnya. Karenanya dibutuhkan keterlibatan semua pihak termasuk masyarakat, untuk mengatasi berbagai persoalan yang terjadi seperti mengatasi persoalan ekonomi.

"Sebagai daerah otonom yang baru tentu tidak terlepas dari pembinaan, terlebih-lebih pembinaan terhadap masyarakatnya", ungkap Adlan Mamnun beberapa waktu lalu, ) ketika ditemui dikediamannya di Dusun Lendang Mamben Desa Anyar.

Untuk itu, lanjut Pimpinan Cabang Yayasan Maraqitta'limat Lombok Utara ini, dibutuhkan keterlibatan dari semua pihak/Stakehoder baik di level desa, kecamatan kabupaten, propinsi, nasional bahkan internasional dengan meng-sinergis-kan berbagai program-program secara kolaboratif dan integrative dalam rangka mengatasi persoalan kemiskinan untuk menuju masyarakat yang makmur dan sejahtera.

Kemiskinan merupakan persoalan sosial dalam pembangunan yang di tandai oleh lajunya angka pengangguran dan keterbelakangan masyarakat, yang kemudian meningkat menjadi ketimpangan. "Masyarakat miskin umumnya lemah dalam kemampuan berusaha dan terbatas dalam memiliki dan memamfaatkan aksesnya kepada kegiatan ekonomi, sehingga tertinggal jauh dari masyarakat lainnya yang telah memiliki potensi tinggi", ungkapnya.

Keterbelakangan masyarakat dalam bidang ekonomi, kata Adlan yang juga aktivis muda KLU ini, dikarenakan akibat dari danpak krisis ekonomi yang berkepanjangan, sehingga kondisi ekonomi masyarakat semakin memperihatinkan. Akibat merosotnya ekonomi masyarakat melahirkan berbagai persoalan terutama persoalan sosial ekonomi masyarakat yang tidak menutup kemungkinan juga akan berdampak pada persoalan masyarakat lainnya, seperti sosial, politik budaya dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan munculnya persoalan masyarakat di atas, Yayasan Maraqitta’limat Cabang Bayan Kabupaten Lombok Utara, berusaha membantu pemerintah dalam hal menekan tingkat kemiskinan.

Program yang akan kami dikembangkan, penguatan usaha tani dalam pemeliharaan dan pengembangbiakan ternak sapi yang sekarang ini sudah mulai digarap lokasinya di Dusun Sembulan Batu Desa Senaru”, tuturnya.

Selain itu, lanjut Adlan, pihak yayasan juga membantu program pemerintah propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam mengwujudkan Daerah NTB menjadi “ Bumi Sejuta Sapi ( BSS) , terlebih pada dewasa ini KLU sedang melakukan berbagai upaya dalam membangun dan membenahi diri sebagai kabupaten baru. “Sementara kami sebagai bagian dari kelompok masyarakatnya sudah semestinya berkewajiban untuk berperan serta, ambil bagian dan berpartisipasi dalam membangun KLU yang jauh lebih maju kedepan”, pungkasnya.


1 komentar: